Setelah pada tulisan sebelum nya 5W+1H dalam pemeriksaan kapal, selanjutnya kita
bisa gunakan metode ini untuk fokus pada penyebab utama dari temuan tersebut.
5 Why + 1 How dibuat dengan
bertanya mengapa sebanyak 5 kali sehingga
diharapkan dapat menemukan solusi yang memang menyentuh akar permasalahan
tersebut, seperti slogan salah satu iklan penyakit kulit “ basmi sampai ke
akarnya “. Setelah itu 1 (How) yaitu bagaimana jalan keluar yang terbaik.
Misalnya dari salah satu
pemeriksaan kapal ditemukan beberapa “ deficiencies “ atau kesalahan setelah
itu dibuatkan prioritas pemecahannya, bisa dari kesalahan yang paling banyak
ditemukan, atau kesalahan yang bisa berakibat fatal.
Contoh, hasil sidak kapal-kapal
penumpang cepat pada hari sabtu, 28 januri 2012 dari pukul 09.00-11.00 wib di
dermaga Tanjung Uban oleh tim pemeriksa dari Coast Guard Tanjung Uban, dari
total 11 kapal yang ada telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 6 buah kapal dan ditemukan
beberapa kesalahan yaitu :
1. Jaket
penolong tidak terjangkau oleh penumpang dan terbungkus rapi
2. Sertifikat
kapal sudah kadaluarsa
3. Pengawasan
terhadap kelaikan kapal lemah
Kita ambil contoh
pertama yaitu jaket penolong tidak terjangkau dan terbungkus rapi
dok pribadi |
Setelah menemukan bahwa kesadaran
akan pentingnya keselamatan berlayar yang kurang dari pengusaha kapal, Nakhoda
dan ABK Kapal serta Petugas Pengawas/Pemeriksa kelaikan Kapal maka bisa
dicarikan jalan keluar yang terbaik. Misalnya memfasilitasi pertemuan antara
pengusaha kapal, Pekerja dan Pemerintah untuk sama-sama membina SDM nya.
* * *
Tidak ada komentar:
Posting Komentar