Halaman

Selasa, 01 Februari 2011

Mumpreneur ( baca: mampreneur ) Hambatan dan solusi


Pernah dengar tapi ENTERPRENEUR, terus Apa sih MUMPRENEURS itu ? . . .
Definisi dari mampreneur itu adalah ibu-ibu yang terlibat di dalam aktifitas bisnis / usaha, selain tugas sebagai istri dan ibu dari anak-anak nya.
Tujuan mulia dari mompreneur ini adalah menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan, membantu pendapatan keluarga, rasa untuk aktualiasi diri, dan menjadi independen ( tidak tergantung dengan pendapatan suami ) phenomena mampreneur ini sudah berkembang di negara-negara maju seperti Australia, Inggris dan Amerika

Menurut penelitian mengenai mampreneur ini, ada Lima tantangan untuk menjadi mampreneur yaitu :
1. Minimnya pengetahuan untuk memulai, banyak ibu-ibu yang setelah melahirkan kesulitan untuk memulai usaha, bagaimana membuat bisnis plan, mencari supplier, menentukan segmen pasarnya dan mendapatkan ide baru.

  • Solusinya bisa dengan menambah motivasi bahwa usaha ini punya tujuan yang jelas seperti diatas  
2. Keterbatasan sumber daya ( finansial ), kebanyakan mampreneur memulai usaha dengan simpanannya sendiri, akibatnya sulit memperkerjakan pegawai,

  • Solusinya bisa mulai dengan usaha kecil dengan pasar lokal sajanamun coba fokus kepada qulitas dan pelayanan, setelah agak besar bisa mencari pegawai atau mengembangkan jaringan
3. Perspektif wanita, kebanyakan mampreneur lebih takut untuk gagal dari pada pria artinya pria lebih berani terhadap resiko dibanding wanita dan juga wanita lebih pesimis terhadap kemapuan bisnis mereka di banding pria lebiha dari 1 per 3 wanita takut gagal dalam memulai bisnis nya.

  • Solusinya mungkin lebih percaya diri aja kali yah mampreneur 
4. Menyeimbangkan antara bisnis dan keluarga, tidak mudah menyeimbangkan antara bisnis dan membesarkan anak, tanggung jawabnya menjadi double ditambah lagi mampreneurs bisa menghadapi « feeling ambivalance » dua perasaan yang bertentangan, masalah di pekerjaan dan masalah di keluarga.

  • Solusinya komunikasikan dengan suami dan anak-anak, insya Allah ada solusi terbaik
5. Terbatasnya kesempatan mengembangkan jaringan, ini di sebabkan terbatasnya waktu yang di miliki oleh mampreneurs.
  • Solusinya dengan usaha menurut hobi contoh Restaurant, butik, catering atau industry rumahan lainnya. 
Sekalipun mampreneur mempunyai beberapa kelamahan ada kelebihan juga yang ada bagi mampreneurs ini diantaranya
1. Usaha mampreneur ini biasanya akan menjadi bola salju bagi ibu-ibu lainnya karena mampreneur tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi juga sebagai kegiatan sosial yang akan membuat ibu-ibu lainnya terlibat.

Sumber : international journal of innovation vol 3 No. 1 , 2010

Oke ibu-ibu bagaimana tertarik untuk menjadi mampreneurs ,,,, pasti dong

Mampreneurs ,,,, go go go

Tidak ada komentar:

Posting Komentar