Laman

Jumat, 21 Januari 2011

Sejarah Singkat Perancis

Setelah searching mengenai sejarah perancis, akhirnya saya menemukan Tesis nya seseorang yang menjelaskan tentang Sejarah Singkat Perancis, Geografi dan Demografi nya, sistem pendidikannya, serta informasi-informasi lain tentang Perancis ….. monggo di baca-baca 


   Sebelum tahun 1789, Perancis berada di bawah kekuasaan monarki yang dipimpin oleh seorang raja. Pada waktu itu masyarakatnya terbagi dalam tiga golongan yaitu, golongan bangsawan, rohaniawan dan golongan ketiga (golongan menengah). Golongan bangsawan mempunyai hak-hak yang istimewa. Pada tahun 1789, terjadi revolusi yang dipimpin oleh golongan menengah yang ditandai dengan pembatalan hak-hak istimewa kaum bangsawan, dan pernyataan hak azasi manusia.
Setelah mengalami berbagai peralihan, pada tahun 1815, Perancis dikuasai oleh rejim otoriter yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte. Pada tahun 1802, Napoleon Bonaparte memproklamirkan dirinya menjadi kaisar Perancis, dan sistem
pemerintahan Perancis yang sudah mejadi republik, kembali menjadi sistem monarki. Kekaisaran ini runtuh pada tahun 1815 setelah kemenangan Inggris di Waterloo. Penggantinya tetap meneruskan sistem pemerintahan monarki, dan baru diproklamirkan kembali menjadi Republik pada tahun 1848. Karena itu periode setelah 1848 dinamakan Republik Perancis Kedua.


Sistem Pemerintahan
Sistem pemerintahan Perancis sekarang berdasarkan Undang undang
Dasar Republik Kelima yang diterima dengan referendum rakyat pada tanggal 23 September 1958 dan diubah pada tanggal 18 Mei 1960, 28 Oktober 1963 dan 29 Oktober 1974. Undangundang dasar tersebut menegaskan kembali hak-hak perorangan tanpa memandang ras maupun agama sebagaimana tercantum
dalam pernyataan hak-hak azasi manusia dan warga Negara tahun 1789. Undang-undang dasar tersebut menegaskan kembali suara dan hak menduduki jabatan dalam pemerintahan parlementer, dengan suatu badan eksekutif yang kuat. 
Fungsi kepala negara dipegang oleh presiden yang dipilih 5 tahun sekali dalam suatu pemilihan umum yang sangat demokratis. Pemilu terakhir pada tahun 2007 di menangkan oleh Nikolas Sarchozy dan akan berakhir  pada tahun 2012. Presiden menjadi pengemban Undang-Undang Dasar dan juga mengepalai Angkatan Bersenjata. Presiden diperbolehkan untuk mengambil tindakan kecuali dalam keadaan darurat, presiden juga mempunyai wewenang membubarkan parlemen.
Fungsi kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri yang mengepalai kabinet atau dewan menteri. Perdana Menteri ini diangkat oleh Presiden dan mempunyai wewenang untuk menentukan politik yang harus dilaksanakan. Perdana Menteri dapat mengajukan usul-usul pemerintah, dan dia juga yang harus
bertanggung jawab apabila usul itu diterima.
Negara Perancis dibagi dalam 96 departemen (tidak termasuk departemen di seberang lautan seperti Guadeloupe, Martinique,Guyana Perancis, Reuinion dan Saint-Piere Marquelon), setiap departemen dikepalai oleh seorang kepala daerah yang disebut Prefet. Tiap departemen dibagi lagi dalam arrondissement arrondissement yang dikepalai oleh Sous-prefet. Dan arrondissement dibagi lagi dalam commune yang dikepalai oleh maire.


Perindustrian dan Pertanian
Industri di Perancis mempekerjakan sekitar 33% dari penduduk yang aktif dan 40% dari pendapatan nasional kotor berasal dari sektor industri. Industri menjamin tiga perempat dari nilai ekspor dan menempatkan Perancis pada urutan kelima di antara negara negara industri terbesar di dunia.
Sejak tahun 1950, telah dijalankan tiga kebijaksanaan di bidang industri yaitu, desentralisasi hingga tahun 1970, pembaharuan untuk menghadapi persaingan di dalam Masyarakat Ekonomi Eropa yang dilakukan sejak tahun 1958, dan penyesuaian dengan keadaan baru dan pengembangan kembali industri sejak
tahun 1974. Beberapa cabang industri dapat menarik keuntungan dari politik industri tersebut, tetapi untuk kegiatan industri tradisional, politik industri tersebut mengakibatkan suatu kemunduran dan menyebabkan timbulnya pengangguran di daerah-daerah industri lama.
Akibat adanya persaingan dari negara-negara industri baru seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan lainnya, maka sejak tahun 1970, industri di Perancis mengalami penurunan. Akibatnya, banyak industri-industri yang gulung tikar atau paling sedikit berkurang produksinya seperti industri fotografi, sepeda motor, industri tekstil, perkapalan, pertambangan, kulit dan sepatu, industri kimia dasar, industri kertas dan juga industri mobil.
Meskipun dalam industri lain Perancis mengalami penurunan akibat banyaknya persaingan, namun dalam industry penerbangan, perkeretaapian, perlengkapan sipil dan perlengkapan militer, Perancis tetap berjaya dan tampil sebagai pengekspor pertama. Untuk mempertahankan industri pesawat terbangnya, Perancis mengembangkan hasil produksinya pada tingkat teknik yang tinggi dan beberapa diantaranya bekerjasama dengan negara-negara Eropa lainnya, seperti pesawat Concorde yang dikembangkan bersama-sama Inggris, pesawat Airbus yang dikembangkan bersama-sama beberapa negara Eropa. Produksi pesawat terbang lainnya adalah : Dauphin, Ecureil, Super Puma(helikopter), Mirage (pesawat tempur) dan lainnya.
Pendapatan Perancis dari bidang pertanian sangat kecil sekali yaitu sekitar 6% dari pendapatan nasional Bruto. Hal ini menunjukkan bahwa Perancis tetap sebagai negara industri yang hidup dari hasil industrinya ditambah penghasilan dari bidang jasa. Meskipun hasil pertanian Perancis hanya menghasilkan devisa yang kecil, namun karena lahan pertaniannya yang luas, maka jumlah dan nilai produksinya sangat tinggi sehingga hasil pertanian Perancis menduduki tempat pertama di Eropa.
Produksi pertanian Perancis ini menghasilkan sepertiga dari seluruh produksi pertanian Masyarakat Ekonomi Eropa. Hasil pertanian yang utama berasal dari produksi anggurnya (paling tinggi di dunia) dan keju Perancis juga sangat termashur dimancanegara.
Dalam tiga puluh tahun, jumlah petani hanya tinggal sepertiganya yaitu sekitar 10% dari penduduk Perancis yang aktif. Dibandingkan dengan tahun limapuluhan (pada saat itu jumlah petani Perancis semakin merosot. Selain para petaninya sudah tua dan anak-anak mudanya tidak mau menjadi petani, sebab lain dari merosotnya hasil pertanian Perancis adalah karena lahan pertaniannya menjadi sempit.
Untuk menghidupkan kembali pertanian Perancis, maka dibentuk sindikat-sindikat yang menghimpun petani untuk menyesuaikan usaha-usahanya dengan perekonomian modern. Selain itu juga teknik-teknik pertanian terus dikembangkan untuk memperoleh hasil yang tinggi. Hal tersebut ditangani melalui koperasi pertanian (cooperative agricole)



Sistem Angkutan
Jenis angkutan utama di Perancis terdiri dari angkutan dengan mobil, kereta api dan pesawat udara. Untuk angkutan dengan mobil tersedia jaringan jalan yang terdiri dari :
•Jalan bebas hambatan dengan dua jalur (autoroute/jalan tol)
•Jalan utama (jalan nasional)
•Jalan sekunder (jalan departemen)
•jalan antar desa
Sejak tahun 1981, usaha pengembangan dan penambahan jaringan jalan raya ini semakin ditingkatkan dengan cara menambah anggaran belanja untuk jalan raya. Perhatian khusus diberikan pada jaringan jalan untuk daerah-daerah yang jauh dari Paris. Hal ini terutama untuk mengakhiri keterpencilan daerah daerah di sebelah barat dan daerah pegunungan bagian tengah Perancis. Sistem perkereta-apian di Perancis, merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Dewasa ini, sebagian besar infrastruktur perkeretaapian telah dipermodern. Sistem jaringan listrik untuk kereta api semakin ditingkatkan, pada tahun 1980, jaringan listrik untuk kereta api telah melebihi 10.000 km.
Demikian juga stasiun kereta api banyak yang telah dipermodern. Pada tahun 1981, telah berfungsi jalur kereta api cepat TGV (Train a Grande Vitesse). Dewasa ini sudah banyak kota-kota besar yang sudah dilalui oleh TGV. Dengan adanya kereta api cepat ini, perjalanan dari satu kota ke kota lainnya yang berjauhan semakin lancar.
Pada tahun 1982, sekitar 714 juta penumpang telah diangkut oleh kereta api. Untuk menghindari ledakan penumpang, dan mengatur supaya arus penumpang merata setiap tahun, maka Perusahaan Kereta Api Perancis (SCNF) menerbitkan kalender periodik yang berwarna biru, putih dan merah.
Karcis dengan potongan tarif hanya berlaku untuk periode biru dan putih. Pada musim liburan, mahasiswa yang berusia dibawah 26 tahun mendapat potongan 40%. Setiap hari terdapat sekitar 10.000 kereta api yang menjelajahi seluruh Perancis. Selain angkutan orang, kereta api juga merupakan alat angkutan utama untuk barang. Pada tahun 1982, telah diangkut muatan barang sekitar 184 juta ton.



Hubungan Antar Mahasiswa di Kampus dan Sikap Kebebasan Mahasiswa
Seperti umumnya mahasiswa di barat, hubungan antar mahasiswa di kampus didasarkan atas kepentingannya. Kita bisa mengenal secara baik-baik dan bisa menanyakan sesuatu yang tidak kita mengerti. Respek terhadap mahasiswa asing tidak negatif tetapi juga tidak istimewa. Hal yang sangat sensitif untuk
dibicarakan adalah masalah agama, politik, dan uang.



Poliklinik
Setiap mahasiswa bisa mendapatkan asuransi yang iurannya relatif murah yaitu untuk Mutuelle Nationale des Etudiants de France (MNEF). Kartu asuransi tersebut bisa dipakai berobat pada tempat pengobatan yang dikelola langsung oleh MNEF, atau rumah sakit yang ditunjuk oleh MNEF. Di samping itu MNEF memberikan konsultasi dan bantuan hukum jika terdapat permasalahan penting.


Fasilitas Olahraga
Fasilitas olahraga yang biasanya disediakan untuk berbagai kegiatan antara lain kolam renang, tempat tenis, stadion sampai untuk senam, main bola dan sebagainya. Bagi mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan salah satu cabang olahraga bisa mendaftarkan diri pada loket-loket yang disediakan. Fasilitas bank dan kantor pos biasanya tidak ditemukan di dalam kampus tetapi terletak di luar. Penggunaan bank terutama untuk kepentingan pembuatan giro, transfer uang dan buku cek. Buku cek atau kartu kredit bisa digunakan untuk belanja di supermarket atau pembayaran lainnya. Kantor pos dan kantor telepon selalu menjadi satu (berada dalam satu tempat).


Tempat Tinggal
Pada tahun 1982, lebih dari separuh jumlah orang Perancis memiliki tempat tinggal sendiri baik berupa apartemen, maupun rumah-rumah sendiri. Perkembangan pemilikan rumah ini hampir tidak berkurang meskipun usia pernikahan mundur dan bunga pinjaman uang dari bank naik pada tahun-tahun terakhir. Perkembangan pemilikan rumah ini lebih besar di daerah pinggiran kota daripada di dalam kota.
Di kota-kota besar, Dewan kota dan Dewan Perwakilan Daerah membentuk kantor-kantor perumahan dengan sewa murah yang disebut Habitation a Loyer Modere (HLM). Kantor perumahan ini membangun gedung-gedung yang diperuntukkan bagi keluarga yang kurang pantas perumahannya. Untuk mendapatkan tempat di HLM, biasanya harus mengajukan permohonan ke Balai Kota. Untuk menyewa apartemen di suatu perumahan, dapat langsung ke pemiliknya, atau melalui agen perumahan. Jika melalui agen, biasanya agen tersebut meminta tanggungan sebesar satu bulan uang sewa dan kadangkala meminta lagi uang jaminan yang besarnya satu bulan sewa lagi.



Makanan
Makanan pokok orang Perancis adalah roti, yang paling disukai adalah roti panjang yang disebut baqette. Konsumsi roti orang orang Perancis makin hari semakin berkurang, sebagai contoh, pada tahun 1950 konsumsi roti orang Perancis adalah sekitar 300 gram per orang per hari, tetapi di tahun 1972 menjadi sekitar 167 gram per orang per hari. Berkurangnya konsumsi roti ini disebabkan adanya makanan lain.
Orang Perancis merupakan konsumen daging terbesar dalam Masyarakat Ekonomi Eropa. Lebih dari sepertiga pengeluaran rumah tangga, adalah untuk membeli daging, selain konsumen terbesar daging, orang Perancis juga banyak memakan keju. Setiap tahun, konsumsi keju naik terus, sebagai contoh, pada
tahun 1965, konsumsi keju hanya 1,4 kg per orang per tahun, pada tahun 1972, konsumsi ini naik menjadi 13 kg per orang per tahun.
Dalam hal minuman, kaum remaja banyak meminum soda tonik dan anak-anak banyak meminum sari buah asli atau sari buah tiruan sedangkan orang tuanya banyak minum-minuman yang mengandung alkohol. Konsumsi bermacam-macam minuman ini berlipat ganda dalam waktu lima tahun terakhir ini.



Masalah Kerja Sambilan
Di Perancis, pada dasarnya mahasiswa asing tidak diperkenankan melakukan kerja sambilan terutama bagi pemegang beasiswa pemerintah Perancis, karena setiap pekerja harus diasuransikan dan dikenakan pajak penghasilan. Di samping itu, hal tersebut diatur demikian dalam rangka perlindungan pekerja Perancis dan peningkatan kualitas lulusan mahasiswa asing. Beasiswa yang diterima dianggap cukup walaupun jumlah tersebut masih jauh di bawah upah minimum bagi pekerja Perancis (SMIC). Bagi keluarga (istri) yang kebetulan mempunyai waktu luang juga kecil kesempatan untuk bekerja karena keadaan tersebut di atas.


Waktu Senggang
Jumlah jam kerja orang Perancis adalah 39 jam per minggu, dengan dua hari libur yaitu hari Sabtu dan hari Minggu. Selain mendapat libur dua hari seminggu, juga dalam setahun orang Perancis mendapat cuti selama 4 minggu. Selain itu juga
dalam setahunnya terdapat beberapa hari libur diantaranya :
a. Hari raya keagamaan yang berasal dari tradisi Katolik
1) Hari raya Paskah - bulan Maret atau April (hari Senin)
2) Hari kenaikan Isa Almasih
3) Pantekosta - dalam bulan Mei atau Juni (hari Senin)
4) Santa Maria diangkat ke surga - 15 Agustus
5) Hari semua orang kudus - 1 Nopember
6) Hari Natal - 25 Desember
b. Hari Raya Nasional
1) Tahun Baru - 1 Januari
2) Hari buruh - 1 Mei
3) Hari Nasional Perancis - 14 Juli
4) Gencatan senjata tahun 1918 - 11 Nopember
5) Gencatan senjata tahun 1945 - 8 Mei
Dalam mengisi hari-hari liburnya, dulu orang-orang Perancis lebih senang berlibur ke luar kota, tetapi kini mereka lebih senang mencari hiburan di luar rumah atau tingggal di rumah sendiri. Akibatnya perlengkapan hiburan di rumah-rumah orang Perancis semakin banyak seperti piringan hitam, kaset, video dan juga buku-buku. Selain itu, nonton televisi juga merupakan acara untuk mengisi waktu senggangnya, setiap harinya hampir 68% orang Perancis menonton televisi. Tontonan lain selain bioskop yang digemari orang-orang Perancis adalah menonton pertandingan olahraga, mengunjungi musik hal, teater, konser musik pop, musik rock dan musik jazz.
Kegiatan lain yang disenangi oleh orang-orang Perancis dalam mengisi waktu senggangnya adalah diantaranya pergi menonton pameran, atau menerima tamu undangan. Sedangkan masyarakat yang tinggal di pedesaan menyenangi olahraga bersepeda.



Agama
Secara tradisional Perancis merupakan negara Katolik yang banyak Katedralnya, hampir 90% orang Perancis telah dibaptis, meskipun demikian pada umumnya hanya satu dari lima orang Perancis yang taat beribadah. Orang Protestan jumlahnya hanya sekitar 1,5% saja dan terbagi atas berbagai gereja. Yang paling besar adalah pengikut Gereja Reformasi Perancis. Gerakan protestanisme dulu menyebar ke
seluruh Perancis, tetapi perang agama pada abad ke XVI dan pembunuhan anti-protestan yang menandai berakhirnya pemerintahan raja Louis XIV, menyebabkan berkurangnya pengaruh Protestan. Pada tahun 1906, gereja Protestan bergabung menjadi Federation Protestane de France.
Agama Islam merupakan agama kedua terbesar di Perancis, lebih dari 2 juta penduduk Perancis beragama Islam, dan sebagian besar berasal dari negara-negara di Afrika Utara. Ulama Islam di Perancis disebut Grand Mufti (ulama besar).



Keluarga dan Perkawinan
Keluarga Perancis sangat beraneka ragam, tetapi jiwanya dan fungsinya sama. Sebuah keluarga di Perancis berfungsi sebagai teman hidup anak-anak selama 18 - 25 tahun pertama mereka. Setelah itu mereka keluar dari lingkungan keluarga untuk hidup sendiri atau membentuk keluarga baru dan setelah itu hubungan menjadi renggang.
Usia perkawinan orang orang Perancis dewasa ini adalah 24 tahun untuk laki-laki dan 22 tahun untuk wanita. Pada waktu dulu usia perkawinan ini lebih tua, yaitu 29 tahun untuk laki-laki dan 25 tahun untuk wanita. Pada tahun 1970-an, lebih dari setengah pengantin baru di Perancis menyatakan bahwa mereka pergi mendaftarkan ke kantor catatan sipil hanya untuk mudahnya saja, atau hanya untuk memenuhi formalitas.



d'accord ,, jadi kapan berangkat ke Perancis ??


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar