Halaman

Selasa, 15 Februari 2011

P E M P E K

cabe hijau 30cm
Ide membuat pempek ini sebenarnya muncul setelah habis telp ke rumah Palembang. ngobrol masalah kesehatan, study, anak, rencana ayah + dek fajri jalan-jalan ke sini ( Perancis ) di bulan Juli dan tak lupa ngomongin makanan, nah salah satunya ngomongin p e m p e k.
Setelah berkonsultasi langsung dengan pakar ( baca : ibuk ) tentang bagaimana cara membuat pempek yang palembang banget ( yang rasanya paling tidak mirip lah ) ana langsung ke TKP ( baca : dapur ) adapun tahapan-tahapannya 1. pergi ke Auchan, beli cabe, bawang merah, ikan filet aja biar mudh di blender terus 2. campur cabe + bawang secukupnya ( sesuai level kepedasan tiap-tiap orang )oh ya di sini ( Béthune ) cabe nya besar -besar seperti ini contohnya

en Voila 
nah ini untuk buat cuko nya. Kemudian langkah ke 3. ambil satu pilet ikan kemudian di blender halus dan kalau bisa tambahkan bawang dan garam secukupnya, 4. masukkan hasil blender ikan ke tempat yang cukup besar ( plastik tupperware gitu ) 5. tambahkan gandum sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, 6. bentuk pempek nya menjadi bulat atau sesuai selera 7. panaskan air untuk merebus 8. masukkan pempek dan tutup 9. tunggu hingga pempek nya mengapung dan ini lah hasilnya


Bon Apetite

4 komentar:

  1. pempek made in perancis..^__^ mantapp..
    agak lamo dikit di sano, pacak jualan pempek palembang kamu tu.., kmrn pas kamu nelpon ngomongin resep pempek itu, ayuk lagi ado di belakang ibuk tulah, lg nginep di rumah ibuk..

    BalasHapus
  2. cukup lah untuk ngobatin kangen, oh yo di sini kan dak katek sagu, cak mano ngakalinnyo ? terus pake ikan laut dak masalah kan ?

    BalasHapus
  3. biso pake ikan laut. kl di palembang kan ado jugo pempek dr ikan laut..ikan tenggiri.., samo bae hasilnyo, lemak jg rasonyo. di perancis, ado tepung2an dak..? itu pake tepung gendum..?
    disano katek bawang putih yo..?

    BalasHapus