Halaman

Minggu, 27 Februari 2011

Beda Magister

univ artois Arras
Magister , master, pasca sarjana atau S2 adalah sebuah fase pendidikan setelah melalui / lulus dari Sarjana atau S1, di mana lulusan nya akan mendapatkan gelar M… ( MM,MH,Msc ,DEA,Dess dll ). Waktu yang dibutuhkan relatif antara 1,5 – 3 tahun. Namun apa yang membedakan antara sarjana dan master dan apa keuntungan master ?

Yang membedakan antara Sarjana dan Master, menurut saya adalah di bagian akhir, sarjana dengan skripsi dan master dengan tesis yang tingkat kesulitannya harus berbeda. Berbeda dalam arti pendekatan keilmuwannya menurut salah satu Prof saya, sarjana menggunakan teori dan master mulai menguji teori sementara doktor membuat teori. untuk ilustrasi dengan gambar ( klik disini ) 

Perbedaan lain adalah jumlah beasiswa yang ditawarkan, menurut saya jumlah beasiswa yang ditawarkan untuk program master lebih banyak dari jumlah beasiswa sarjana atau doctor, mengapa ? karena, untuk memotivasi  melakukan riset ( penelitian )


Kita lanjut lagi dengan perbedaan peminat antara program master di dalam dan luar negeri, di Perancis umumnya di Université Artois khususnya adalah kalangan anak muda rata rata usia 23-26 tahun, sementara di Indonesia peminat program master rata-rata « usia dewasa » . Artinya harapan keilmuwan mereka lebih panjang. 


Keuntungan dari master adalah dari sisi Lapangan pekerjaan yang ditawarkan. Saat ini jumlah pengangguran semakin meningkat, semua berlomba mendapatkan pekerjaan, artinya seseorang harus punya nilai lebih dari kompetitornya agar di lirik, nah secara sarjana jumlah nya sudah cukup banyak, sementara peluang masuk dari Master masih cukup terbuka.


Mungkin masih banyak lagi perbedaan dan keuntungan master lainnya, silahkan menambahkan,, :-) :-) :-)

4 komentar: